• Selasa, 16 Agustus 2022

Mengenang Sosok H. Yos Rosbi Tokoh Pemekaran Pangandaran

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:43 WIB
yos rosbi
yos rosbi

Pangandaran - Pemerintah Kabupaten Pangandaran genap berusia 9 tahun pada tanggal 25 Oktober 2021.

Salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Kabupaten Pangandaran ke 9 ini adalah ziarah ke makam para tokoh pejuang pemekaran Pangandaran menjadi daerah otonom baru.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan jajarannya melaksanakan ziarah dan doa bersama ke sejumlah makam tokoh pemekaran Pangandaran.

Salah satunya ke makam mendiang H. Yos Rosbi di Desa Cikembulan Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran, Jumat (22/10/2021).

"Soekarno mengatakan Jasmerah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah," kata Jeje.

Dia menjelaskan kondisi Pangandaran saat ini dengan segala pencapaiannya, tidak bisa dipisahkan dari sejarah masa lalu dan perjuangan tokoh pemekaran. Tak ada hari ini jika tak ada masa lalu.

"Apa yang terjadi hari ini bagian dari masa lalu. Kita harus menghargai dan menghormati mereka yang telah berjasa bagi Pangandaran," kata Jeje.

Di mata Bupati Jeje, sosok almarhum H. Yos merupakan tokoh perjuangan yang penting dan tulus.

"Entah berapa banya waktu yang beliau korbankan, berapa banyak materi yang beliau berikan, berapa panjang perjalanan demi terwujudkan Pangandaran sebagai daerah otonom baru," kata Jeje.

Jeje juga mengatakan ketulusan seorang H. Yos patut diteladani. "Jasa beliau bagi Pangandaran sudah tak diragukan lagi. Tapi beliau tidak ingin jadi Bupati, tidak ingin jadi pemborong dan tidak ingin mendapatkan fasilitasi dari pemerintah. Almarhum sangat tulus memperjuangkan masyarakat Pangandaran," kata Jeje.

Selain ziarah ke almarhum H. Yos Rosbi, Bupati Pangandaran juga melakukan ziarah ke sejumlah tokoh pemekaran lain. Diantaranya almarhum KH. Zenal Arif, KH. Didi Abdul Majid dan lainnya.

Almarhum H. Yos Rosbi di Mata Keluarga


Joe Irwan, salah seorang anak almarhum H. Yos Rosbi menyatakan apresiasi atas kedatangan jajaran Pemkab Pangandaran untuk berziarah dan mendoakan mendiang ayahnya.

"Kami mewakili pihak keluarga sangat berterimakasih kepada Pemkab Pangandaran. Ini sebuah kehormatan. Kami terharu dan bangga," kata Joe.

Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran itu mengatakan selain menjadi kebanggaan keluarga besarnya, sosok H. Yos telah mengajarkan banyak pelajaran hidup bagi keluarga terutama anak-anaknya.

"Bapak sosok yang luar biasa, kebanggaan kami. Yang mana telah memberi contoh bagaimana mengabdikan diri dan berbuat bagi masyarakat Pangandaran," kata Joe didampingi ibu dan saudaranya.

Nama H. Yos sendiri sampai saat ini dikenal luas oleh masyarakat Pangandaran. Mendiang dikenal sebagai seorang pengusaha sukses, salah satu bidang usaha yang ditekuninya adalah bisnis gula kelapa.

Jejaring mitra bisnisnya yang tersebar di seluruh pelosok Pangandaran, membuat almarhum populer dan menjadi tokoh masyarakat Pangandaran. Pembawaannya yang murah hati dan penyabar, membuat dia dekat dengan masyarakat.

Pria kelahiran 1 Januari 1940 dan wafat pada 14 April 2019 itu, merupakan salah satu inisiator dan penggagas pemekaran Kabupaten Pangandaran dari Kabupaten Ciamis.

Dalam struktur Presidium Pemekaran, H. Yos dipercaya sebagai wakil bendahara. Melihat latar belakangnya sebagai pengusaha dan posisinya sebagai bendahara, bisa ditebak bahwa H. Yos berperan besar dalam kebutuhan "amunisi" perjuangan pemekaran Pangandaran.

Tapi tak hanya itu, ketokohan, pemikiran dan pembawaan H. Yos yang ramah juga sangat berpengaruh dalam lika-liku perjuangan pemekaran.

"Bapak sukses membangun usaha karena dukungan masyarakat Pangandaran, sehingga Bapak pun bertekad untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk Pangandaran. Kami tahu itu cita-cita yang mulia. Sehingga ketika itu, kami sekeluarga support perjuangan bapak untuk pemekaran Pangandaran," pungkas Joe.

Editor: A Team

Tags

Terkini

Beberapa Versi Asal Usul Hantu Kuntilanak

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:16 WIB

Link Twibbon HUT Kemerdekaan RI ke-77

Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:38 WIB

Daun Ini Bisa Mendeteksi Serangan Santet

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:04 WIB

Pria Ini Menikahi Jin Muslim Berusia 700 Tahun

Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:08 WIB

7 Bahasa yang Sulit Dipelajari di Dunia

Jumat, 29 Juli 2022 | 20:06 WIB
X