• Minggu, 28 November 2021

Sembilan Rangkaian Tes Kesehatan yang Dianjurkan Untuk Pria

- Selasa, 23 November 2021 | 18:37 WIB
Ilustrasi pria  (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi pria (Pixabay/StockSnap)

TINTAPUTIH - Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kesadaran pria untuk memeriksakan diri ke dokter jauh lebih rendah ketimbang perempuan. Bahkan ketika sudah merasakan gangguan kesehatan pun, terkadang pria masih ogah-ogahan memeriksakan diri ke dokter.

Padahal kebiasaan rajin memeriksakan kesehatan ke dokter sangat penting sebagai upaya deteksi dini atau pencegahan untuk menekan risiko fatal dari sebuah gangguan kesehatan atau penyakit. Melawan rasa malas berobat atau memeriksakan diri memang berat bagi banyak pria.

Namun demikian, dilansir dari Healthline ada beberapa tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan oleh pria sebagai upaya deteksi dini penyakit dan menjaga kesehatan.

1. Pemeriksaan Setiap Tahun

- Cek Gula Darah
Pemeriksaan kadar glukosa tahunan sangat penting bagi pria untuk mengurangi kemungkinan penyakit jantung yang signifikan. Diabetes, penyakit kronis yang ditandai dengan gula darah tinggi, sangat meningkatkan risiko penyakit jantung dan komplikasi lain seperti kerusakan ginjal dan disfungsi ereksi karena kerusakan saraf. Tes glukosa tahunan berfungsi sebagai metode terbaik untuk mendiagnosis diabetes sebelum menjadi parah. Banyak pria penderita diabetes yang berhasil terdeteksi lebih awal dapat disembuhkan dengan tepat melalui diet dan olahraga. Jika itu belum cukup, maka bisa langsung diberi obat-obatan.

- Pemeriksaan Kulit
Pria dengan riwayat keluarga kanker kulit atau pria yang sering bekerja dibawah terik matahari ketika mereka masih muda, berisiko tinggi terkena kanker kulit. Sangat penting untuk mendapatkan pemeriksaan kulit tahunan oleh dokter kulit. Di rumah, laki-laki harus mengawasi tahi lalat dan tanda lahir mereka, karena sedikit perubahan bisa menandakan etiologi. Penggunaan tabir surya secara rutin bisa menekan risiko ini.

- Tes PSA
Satu dari tujuh pria berpotensi mengalami kanker prostat. Selain kanker kulit, ini adalah bentuk kanker paling umum pada pria di Amerika. Antigen spesifik prostat, atau tes tingkat darah PSA, bersama dengan DRE, adalah cara terbaik untuk mendeteksi kanker prostat.
Semua pria berusia 50 hingga 70 tahun harus diperiksa setiap tahun. Jika seorang pria memiliki riwayat keluarga kanker prostat atau riwayat yang tidak diketahui, tes PSA harus dimulai pada usia 40 tahun.

2. Pemeriksaan Setiap 3 Tahun

- Kolonoskopi
Kolonoskopi adalah ritus peralihan untuk pria di atas usia 50 tahun, karena saat itulah risiko kanker usus besar meningkat. Faktor risiko lain termasuk riwayat medis penyakit radang usus atau diet tinggi lemak hewani. Jika seorang pria tidak memiliki riwayat keluarga kanker usus besar, pemeriksaan kolonoskopi harus dilakukan pada usia 50 tahun. Kolonoskopi selanjutnya dilakukan setiap tiga hingga 10 tahun, berdasarkan hasil setiap kolonoskopi.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Sumber: Healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Melawan Restu dari Mahalini

Jumat, 26 November 2021 | 19:43 WIB

Lirik Lagu Bisa Tanpamu dari Andmesh Kamaleng

Jumat, 26 November 2021 | 17:58 WIB

Lirik Lagu Sisa Rasa dari Mahalini

Jumat, 26 November 2021 | 17:42 WIB

Lirik Lagu Runtuh dari Feby Putri feat. Fiersa Besari

Jumat, 26 November 2021 | 17:29 WIB

Lirik Lagu It's You dari Sezairi Sezali

Jumat, 26 November 2021 | 17:14 WIB

Lirik Lagu Pesan Terakhir dari Lyodra Ginting

Jumat, 26 November 2021 | 16:59 WIB

Kenali Lima Tanda Bra yang Kamu Pakai Terlalu Ketat

Selasa, 23 November 2021 | 17:58 WIB

Trik Memulai Percakapan dengan Gebetan, Dijamin Ampuh

Kamis, 11 November 2021 | 10:52 WIB

Arti Kata Bohir dan Cukong, Simak Perbedaannya

Minggu, 7 November 2021 | 14:38 WIB

Pria Bisa Terlihat Tua Jika Memakai Produk Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Arti Kata Boncos dan Cuan yang Kian Populer

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:50 WIB

Semakin Aneh Nama CEO Semakin Luar Biasa Bisnisnya

Kamis, 7 Oktober 2021 | 20:58 WIB

Yuk Kenali Tanda Kedewasaan Dalam Diri Kita

Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:40 WIB
X