• Minggu, 3 Juli 2022

10 'Sultan' Terkaya di Indonesia, Nomor 1 Punya Harta Rp 555 Triliun

- Selasa, 14 Desember 2021 | 19:24 WIB
ilustrasi orang kaya (pixabay/mohamed_hassan)
ilustrasi orang kaya (pixabay/mohamed_hassan)

TINTAPUTIH - Sejumlah tokoh penggerak ekonomi di Indonesia masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Berikut 10 nama tokoh yang paling 'sultan' di Indonesia versi forbes.

1. R. Budi Hartono & Michael Hartono


Dua bersaudara Hartono ini sejak lama menduduki posisi teratas sebagai orang terkaya di Indonesia. Keduanya memiliki kekayaan mencapai USD 38,8 miliar atau Rp 555,8 triliun.

Sebagian besar harta mereka didapat dari investasi Bank BCA dan perusahaan rokok Djarum yang merupakan warisan orang tua mereka. Selain itu keduanya juga dikenal sebagai bos elektronik Polytron.

2. Keluarga Widjaja


Keluarga Widjaja disebut forbes memiliki kekayaan mencapai USD 11,9 miliar atau Rp 170,6 triliun.  Keluarga ini mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada 2019 lalu dalam usia 98 tahun yang merupakan imigran tionghoa di Indonesia dan memulai usaha menjual biskuit saat remaja.

Eka juga dikenal sebagai pendiri Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis dan telekomunikasi. Setelah ia meninggal, empat putra tertuanya mewarisi kerajaan bisnis tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi HP Paling Murah Hingga Paling Mahal di Akhir Tahun 2021

3. Prajogo Pangestu


Prajogo Pangestu tercatat memiliki harta sebanyak USD 6 miliar atau Rp 86 triliun dari usahanya di bidang petrokimia. Pengusaha berusia 77 tahun ini memulai bisnis kayu pada akhir 1970-an.

Perusahaan miliknya Barito Pacific Timber pada berganti nama menjadi Barito Pacific pada 2007. Pada tahun itu Barito Pacific mengakuisisi 70 persen saham petrokimia Chandra Asri. Pada 2011, Chandra Asri tercatat menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia.

4. Anthoni Salim


Kepala Salim Grup ini memiliki kekayaan USD 5,9 miliar atau Rp 84,6 triliun. Ia melakukan investasi di berbagai bidang seperti perbankan, makanan dan telekomunikasi.

Ia juga CEO Indofood yang memiliki nilai perusahaan USD 5,4 miliar atau Rp 77,3 triliun. Seperti diketahui Indofood adalah salah produsen mi instan terbesar di dunia.

5. Sri Prakash Lohia


Pria 69 tahun ini memiliki harta USD 5,6 miliar atau sekitar Rp 80,3 triliun. Ia menghasilkan kekayaan dengan memproduksi PET dan petrokimia lainnya.

Pada 1970-an, Sri Prakash Lohia dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia mendirikan Indorama Corporation, perusahaan pembuat benang pintal. Ia mengembangkan Indorama Corporation menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia, pembuat produk industri termasuk pupuk polyolefin, bahan baku tekstil dan sarung tangan medis.

6. Susilo Wonowidjojo


Susilo Wonowidjojo tercatat memiliki harta sebesar USD 5,3 atau sekitar Rp 76 triliun. Kekayaan ini ia peroleh dari perusahaan rokok Gudang Garam.

Ayahnya bernama Surya mendirikan Gudang Garam pada 1958. Kakaknya Rachman Halim mengambil alih perusahaan itu seperempat abad kemudian. Susilo memimpin Gudang Garam pada 2009 setelah kakaknya meninggal.

7. Jogi Hendra Atmadja

Pemilik Mayora Group ini memiliki kekayaan mencapai USD 4,3 miliar atau Rp 61,7 triliun. Keluarganya mulai membuat biskuit di rumah pada 1948 dan secara resmi mendirikan Mayora pada 1977. Grup Mayora diketahui menjual berbagai produknya di lebih dari 90 negara.

8. Boenjamin Setiawan


Pria yang akrab disapa Dr Boen ini memiliki kekayaan sebesar USD 4,1 miliar atau Rp 58,8 triliun. Ia disapa begitu karena memiliki gelar doktor di bidang farmakologi.

Pada tahun 1966 ia dan kelima saudara kandungnya mendirikan Kalbe Farma. dari perusahaan di garasi, kini Kalbe Farma menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Selain itu pria berusia 88 tahun ini juga mengelola Mitra Keluarga yang mengoperasikan 25 rumah sakit.

9. Chairul Tanjung


Siapa yang tidak kenal dengan Chairul Tanjung? Pengusaha yang terkenal sebagai pemilik stasiun televisi ini memiliki kekayaan USD 3,9 miliar atau sekitar Rp 56 triliun.

Selain itu, CT sapaan akrab Chairul juga memiliki Bank, supermarket dan sejumlah waralaba lain di Indonesia.

10. Tahir


'Sultan' terakhir adalah Tahir. Pengusaha di bidang perbankan dan real estate ini memiliki harta sebesar USD 3,3 miliar atau Rp 47,3 triliun. Ia juga pemegang lisensi penerbitan Forbes Indonesia.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X