• Jumat, 1 Juli 2022

Dear Bunda, Ini Tips Mendidik Anak Agar Patuh Sejak Kecil

- Rabu, 15 Desember 2021 | 06:00 WIB
ilustrasi ibu dan anak (pixabay/nastya_gepp)
ilustrasi ibu dan anak (pixabay/nastya_gepp)

TINTAPUTIH - Memang harus diakui bahwa mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, sesuai karakteristik masing-masing.

Jika anak tidak mau diarahkan dan mengikuti kemauannya sendiri. Jangan dibiarkan berlarut-larut ya bund. Karena hal itu bisa membuat anak menjadi manja dan ingin semua kemauannya dituruti.

Bunda bisa menerapkan beberapa cara sederhana di bawah ini agar anak menjadi patuh sejak kecil. Simak artikel ini sampai akhir ya bund..

Baca Juga: Kisah Perburuan Siluman Buaya Putih di Cimaragas Ciamis, Nyawa Mang Maman Nyaris Melayang

Tips Mendidik Anak Dengan Mudah

1. Berikan contoh yang baik
Tips mendidik anak yang pertama ialah berikanlah contoh yang baik. Anda bisa memberikan contoh yang baik mulai dari hal kecil di kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, jika Anda ingin anak mulai berbicara baik. Maka harus dimulai dari Anda terlebih dahulu, Anda bisa berbicara hal-hal positif di dekat anak, tidak marah di dekat anak, apalagi mengumpat.

2. Memanggil anak menggunakan nama
Anak akan merasa dianggap dan dihargai jika dipanggil berdasarkan nama. Hindari berteriak saat memanggil anak karena ini bukanlah cara yang baik. Bila kebiasaan ini selalu Anda lakukan maka anak akan merasa takut dan tidak mendengarkan perkataan Anda.

3. Bangun kebiasaan mendengarkan
Cara mengajari anak agar patuh selanjutnya ialah biasakan dengar apa yang dikatakan anak. Apalagi jika Anda memberi perintah pada anak, dengarkan alasannya terlebih dahulu. Takutnya anak menolak perintah Anda karena lelah, kesal atau yang lainnya.
Dengan mendengarkan cerita anak secara seksama, secara tidak langsung Anda mengajarkan anak untuk selalu mendengarkan perkataan orang lain.

4. Kenali pemicu emosi anak
Anda sebagai orang tua harus tahu, hal apa yang memicu anak menjadi kesal atau marah. Hal ini berguna agar Anda tidak melakukan kesalahan yang membuat anak marah. Jika anak marah, ajarkan ia untuk tenang dan tanyakan penyebabnya. Barulah saat anak tenang, Anda bisa memberikan nasehat secara pelan-pelan.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X