• Kamis, 30 Juni 2022

Ceramah Ustadz Hanan Attaki Tentang Evalusi Diri Ketika Tertimpa Masalah

- Rabu, 15 Desember 2021 | 20:11 WIB
Ceramah Ustad Hanan Attaki
Ceramah Ustad Hanan Attaki

TINTAPUTIH - Ceramah singkat Ustadz Hanan Attaki evaluasi diri saat sedang tertimpa oleh masalah. Ustadz Hanan menyampaikan bahwa ketika seseorang diberikan ujian oleh Allah SWT maka ada dua tipe manusia yakni ada manusia yang berkeluh kesah dengan ujian serta ada manusia yang yang bersabar atas ujian yang menimpanya. Orang yang bersabar itu ada beberapa macam bentuknya juga. Berikut simak ulasan lengkapnya disini.

Ceramah Ustadz Hanan Attaki Tentang Evaluasi Diri

Dalam sebuah kehidupan ada saja ujian yang Allah datangkan bermaksud untuk menguji manusia. Sudah dijelaskan bahwa seseorang yang diberikan ujian oleh Allah dibagi menjadi dua tipe.

Selanjutnya manusia yang bersabar di dalam menghadapi ujian ada beberapa bentuknya yakni ada yang sabar dengan memperbaiki diri, karena pada dasarnya masalah yang menimpa karena ada yang salah dalam dirinya. 

Baca Juga: Sejumlah Pemilik iPhone Mengeluh Tidak Bisa Menjalankan WhatsApp

Hal inilah yang dimaksud model orang sabar yang paling baik. Nah, sedangkan orang yang mengeluh juga ada macamnya yaitu menyalahkan teman misalnya seperti menyalahkan karena nilainya jelek sebab diajak main terus. Tingkat keluhan yang paling parah adalah menyalahkan takdir Allah.

Cara yang paling elegan dan paling bijak disukai oleh Allah itu adalah mencari tahu apa kesalahan yang sudah dilakukan. Walaupun masalah tersebut bukan dengan keadaan tapi terkadang masalahnya dengan orang lain. Seperti orang mencela kita ataupun berkata tidak baik tentang kita. 

Orang tersebut tidak akan mencela jika dalam diri kita sebelumnya tidak pernah ada sesuatu yang terjadi. Hal tersebut dinamakan dengan bersabar sambil mengevaluasi diri atau secara fiqih disebut sebagai muhasabah diri.

Adanya hadist-hadits penyebab terjadi musibah, diberikan untuk menilai orang lain dan satu lagi untuk diri sendiri. Orang lain yang sedang diberikan ujian oleh Allah sebaiknya kita husnudzon karena Allah SWT lagi ingin dekat dengannya, ingin mengangkat derajatnya. Jangan menganggap bahwa hal itu suatu karma. 

Ada kalimat hadits qudsi yang mengatakan bahwa: Jika kalian mendapatkan masalah janganlah kalian menyalahkan kecuali diri kalian sendiri, tapi jika mendapat nikmat jangan memuji diri sendiri. Jika mendapatkan nikmat jangan lah untuk memuji diri sendiri, maka yang dipuji adalah Allah SWT, kalimat yang Allah sukai 'Alhamdulillah'.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X