• Minggu, 22 Mei 2022

Ceramah Aa Gym Tentang Pentingnya Memperbaiki Akhlak

- Kamis, 16 Desember 2021 | 18:16 WIB
Ceramah Aa Gym tentang memperbaiki akhlak
Ceramah Aa Gym tentang memperbaiki akhlak

TINTAPUTIH - Ceramah Aa Gym selalu dinanti masyarakat muslim. Penyampaian yang menyentuh hati dan lembut menjadi khas sehingga sampai ke hati banyak orang. Gaya ceramah dengan tema kehidupan sehari-hari menjadi ciri khasnya.

Berikut salah satu deramah terbaiknya tentang pentingnya memperbaiki akhlak sebagai seorang muslim, dengan tajuk 'Saya Aman Bagimu'.

Keislaman seseorang tidak hanya dari ikrar syahadat dan shalatnya. Namun juga bagaimana memelihara lisan maupun perbuatannya.

Baca Juga: Anak SD di Kota Bandung Sudah Bisa Divaksin Corona, Begini Cara Dapatnya

Rasulullah SAW bersabda "Muslim sejati merupakan yang menjaga muslim lainnya dari suatu keburukan baik lisan dan perbuatannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan segala larangan Allah "(HR Bukhari dan Muslim).

Jika seorang muslim meluruskan niatnya, menjaga segala perbuatan dan ucapannya dari hal yang dapat menyakiti orang lain, maka hidup akan begitu indah. Penuh rasa saling percaya, ada rasa tentram, jauh dari rasa curiga dan jauh dari rasa tidak aman.

Sehingga penting bagi seorang muslim dengan yang lainnya saling menguatkan bagai sebuah bangunan yang setiap bagiannya saling erat dan menguatkan.

Perumpamaannya satu tubuh yang jika disakiti satu bagian maka bagian lainnya turut merasakan sakitnya. Sehingga bagaimana kita bisa saling menyakiti jika ternyata menyakiti diri kita sendiri.

Frase "saya aman bagimu" merupakan bagian dari akhlak yang agung. Inilah pentingnya keislaman seseorang yang memelihara lisan dan perbuatannya agar tidak menzalimi orang lain.

Maka sungguh dipertanyakan keislamannya jika ia masih mengganggu orang lain, menyakiti orang lain dan masih merugikan orang lain. Sesungguhnya Islam hadir di hati seorang muslim maka tercermin dalam akhlaknya di kehidupan sehari-hari.

Kunci islam adalah keselamatan dan kedamaian, jadi setiap muslim adalah memancarkan kedamaian melalui akhlaknya. Jika memiliki akhlak mulia yakni memelihara lingkungan, menjaga sekitarnya dari kezaliman diri sendiri maka seorang muslim ini adalah muslim sejati.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selama 8 Tahun, Pria Ini Tinggal Di Atas Pohon

Jumat, 22 April 2022 | 23:54 WIB

Ternyata Ini Rahasia Membuat Tongseng yang Mantap

Senin, 18 April 2022 | 19:50 WIB
X