• Minggu, 22 Mei 2022

Ceramah Ustadz Abdul Somad tentang Lima Amalan Utama di Bulan Ramadhan

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 06:00 WIB
Ceramah Ustadz Abdul Somad
Ceramah Ustadz Abdul Somad

TINTAPUTIH - Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan. Jangan sampai kita menyia-nyiakan datangnya bulan suci tersebut. Begitulah kira-kira kalimat pembuka ceramah ustadz Abdul Somad pada Ramadhan 1440 H lalu.

Ustadz kondang yang akrab dipanggil UAS menyatakan bahwa terdapat 5 amalan terbaik yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan. Amalan-amalan tersebut dinilai lebih berat dari jihad.

Menurut UAS, Ramadhan digambarkan seperti bazar pasar murah. Ada banyak barang bagus di dalamnya dan membuat kita bingung bahkan tidak membeli apapun sama sekali dari pasar.

Hal ini adalah gambaran tentang amalan-amalan yang baik di bulan Ramadhan. Jangan karena semua amal di bulan Puasa ini baik, Anda bingung hendak berbuat apa.

Bahkan sama sekali tidak memilih amalan yang baik untuk dilakukan. Menurut ustadz Somad, kelima amalan yang utama dilakukan pada bulan Ramadhan yaitu

Shiyam
UAS menjelaskan bahwa shiyam adalah amalan terpenting di bulan Ramadhan. Shiyam memiliki arti imsak. Imsak artinya menggenggam.

Maksudnya adalah kita harus menggenggam mulut. Tidak makan dan minum. Begitu juga tidak boleh ada yang keluar dari mulut seperti berkata kotor, fasik, sumpah, hingga caci maki.

Qiyam (tegak)
Hal ini mengarah pada tegaknya kaki. Kaki yang berdiri untuk menegakkan malam (Qiyamul Lail).

Penjelasan Ustad Somad bahwa Qiyam nya rakaat pertama Rasulullah adalah membaca surat Al Baqarah sebanyak 2 juz kira-kira sebanyak 4 lembar.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selama 8 Tahun, Pria Ini Tinggal Di Atas Pohon

Jumat, 22 April 2022 | 23:54 WIB

Ternyata Ini Rahasia Membuat Tongseng yang Mantap

Senin, 18 April 2022 | 19:50 WIB
X