• Minggu, 22 Mei 2022

Belajar Merupakan Sebuah Kemuliaan, Ceramah Ustadz Hanan Attaki

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 16:00 WIB
Ceramah Ustad Hanan Attaki
Ceramah Ustad Hanan Attaki

TINTAPUTIH - Imam Syafi'i pernah menyampaikan sebuah nasihat yang penting dalam menuntut ilmu. "Barangsiapa yang tidak pernah merasakan lelahnya menuntut ilmu atau belajar, maka ia akan merasakan kehinaan sebab kejahiliyahannya selama hidup,". Dengan demikian, artinya belajar merupakan sebuah kemuliaan.

Belajar Merupakan Sebuah Kemuliaan dalam Hidup

Ustadz Hanan Attaki mengatakan, bahwa nasehat Imam Syafi'i di atas relevan dengan firman Allah mengenai keutamaan dari sebuah ilmu. Allah berfirman, bahwa Dia akan mengangkat kemuliaan bagi orang-orang yang beriman dan juga orang-orang berilmu beberapa derajat lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak memiliki ilmu.

Firman Allah yang lain juga menegaskan, bahwa Allah akan memberikan ilmu hikmah teruntuk siapa saja yang Dia kehendaki. Serta siapa saja yang diberikan ilmu hikmah oleh Allah, maka sesungguhnya dirinya sudah diberikan kebaikan yang begitu berlimpah. Belajar itu merupakan kehormatan Ustadz Hanan Attaki menuturkan dalam ceramahnya.

Baca Juga: Melihat Kegigihan Ombak Menghantam Karang di Pantai Madasari Pangandaran

Pentingnya Mencari Ilmu

Ulama membedakan ilmu menjadi dua yaitu ilmu akhirat dan juga ilmu dunia. Ilmu dunia merupakan ilmu apa saja yang kita pelajari untuk memperoleh keuntungan di dunia.

Ustadz Hanan menjelaskan, walaupun yang kita pelajari tentang Al Quran, tentang fiqih, dan tentang hadits, namun apabila dipelajari hanya untuk memperoleh dunia, maka disebut ilmu dunia.

Sedangkan ilmu akhirat merupakan ilmu yang kita pelajari untuk memperoleh akhirat, mendapatkan seluruh kemuliaan di sisi Allah. Termasuk juga ampunan serta ridha Allah SWT dan juga dijauhkan dari api neraka.

Ustadz Hanan Attaki menyampaikan, di dalam ilmu akhirat termasuk ilmu psikologi, kimia, sains, astronomi, dan lain sebagainya, yang dipelajari demi memperoleh ridha dari Allah.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selama 8 Tahun, Pria Ini Tinggal Di Atas Pohon

Jumat, 22 April 2022 | 23:54 WIB

Ternyata Ini Rahasia Membuat Tongseng yang Mantap

Senin, 18 April 2022 | 19:50 WIB
X