• Minggu, 3 Juli 2022

Dear Bunda, Ini 3 Cara Mudah Mencegah Stunting Pada Anak Sejak Masa Kandungan

- Minggu, 19 Desember 2021 | 12:49 WIB
Ilustrasi Stunting. (Net)
Ilustrasi Stunting. (Net)

TINTAPUTIH - Mencegah stunting pada anak bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Stunting sendiri adalah kondisi kurangnya asupan gizi sehingga membuat pertumbuhan tinggi badan anak terganggu seperti kerdil atau pendek dari standar usianya.

Permasalahan ini juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah. Upaya ini juga ditujukan agar anak-anak bisa berkembang secara maksimal dan optimal. Bukan hanya itu, emosional, fisik dan sosial anak juga penting untuk diperhatikan.

Baca Juga: Petugas Gabungan Inspeksi Kawasan Kampung Turis Pantai Pangandaran

Cara Mencegah Stunting Pada Anak

1. Penuhi kebutuhan nutrisi

Ini adalah langkah awal dan penting untuk mencegah stunting pada anak. Agar anak tumbuh dengan optimal, Anda harus mengkonsumsi asupan nutrisi yang cukup pada 1000 hari pertama kehidupannya, yakni mulai saat menjadi janin hingga berusia sekitar 2 tahun.

Selamat hamil, pastikan Anda mengonsumsi cukup makronutrien seperti lemak, protein, dan makronutrein. Anda juga dianjurkan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral.

Selain itu, jangan lupa mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, seperti daging, telur, susu, yougurt, biji-bijian, serta aneka sayur dan buah lainnya.
Semua itu penting Anda lakukan untuk mencegah stunting pada anak sejak masa kehamilan.

2. Lakukan pemeriksaan

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X