• Minggu, 3 Juli 2022

Ceramah Ustadzah Oki Setiana Dewi, Perjuangan Rasulullah Selama Berdakwah Islam

- Kamis, 23 Desember 2021 | 23:55 WIB
Ustadzah Oki Setiana Dewi
Ustadzah Oki Setiana Dewi

TINTAPUTIH - Ceramah singkat mengenai perjuangan Rasulullah selama berdakwah. Ustadzah Oki Setiana Dewi menyampaikan bahwa pada saat itu dakwah Islam dilakukan secara bersembunyi-sembunyi. Setelah berdakwah selama 3 tahun dakwah terang-terangan.

Perjuangan Rasulullah Selama Berdakwah Islam. Selama 3 tahun dakwah islam dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Pada saat itu Islam merupakan agama yang baru saja dikenali oleh orang-orang, jadi tidak bisa langsung secara tiba-tiba meminta orang untuk mengimani Allah dan Rasul.

Walaupun sebelumnya memang orang ada yang menganut agama nabi Ibrahim yaitu tauhid menyembah kepada Allah SWT, tetapi mayoritas menyembah berhala.

Pertama yang beriman kepada Rasulullah SAW? Siti Khadijah. Lalu siapakah laki-laki yang pertama kali beriman dari kalangan dewasa? Abu bakar as Siddiq radi allahu anhu. Siapakah anak laki-laki yang pertama kali beriman kepada Allah SWT? Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu anhu.

Beberapa orang tersebut yang masuk dengan golongan orang pertama masuk Islam. Setelah 3 tahun berdakwah secara sembunyi-sembunyi, mulailah dari situ Rasulullah dakwah secara terang-terangan.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tinggi Karena Dianggap Identik dengan Jokowi

Dari sinilah mulai berbagai macam penyiksaan yang dialami oleh orang Islam. Ingat Bilal bin Rabah? Beliau seorang budak berkulit hitam yang ditelanjangi dan diseret menuju padang pasir.

Diletakkan batu yang sangat besar serta dipaksa untuk mengatakan bahwa Tuhannya adalah lata uzza dan berhala-hala. Namun Bilal berkata Tuhanku adalah Allah yang Maha Esa.

Begitu pula dengan budak yang lain bernama Sumayyah yang dikatakan sebagai syuhada pertama saat dipaksa mengatakan Tuhannya berhala.

Sumayyah yang tetap mengakui lailahailallah Tuhanku adalah Allah tiada Tuhan selain Allah. Kemudian ia ditusuk dari kemaluannya tembus ke leher, hanya beriman kepada Allah SWT kemudian harus mendapatkan hal demikian.

Perjuangan sangat berat sekali sampai pada saat tahun 7 kenabian orang Islam, khususnya Bani Hasyim diboikot dan diasingkan tidak boleh berada di Mekkah.
Selama 3 tahun orang Islam hidup sangat menderita, mereka kelaparan sehingga memakan dedaunan sampai akhirnya Siti Khodijah jatuh sakit dan meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X