• Minggu, 3 Juli 2022

Ayat Pencegah Lupa Kajian Ceramah Ustadz Adi Hidayat

- Jumat, 24 Desember 2021 | 09:00 WIB
Ceramah Ustadz Adi Hidayat
Ceramah Ustadz Adi Hidayat

TINTAPUTIH - Kajian ceramah ustadz Adi Hidayat bertajuk "Ayat Pencegah Lupa" disesuaikan dengan fitrah manusia yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari. Adapun penyebab lupa adalah kita kurang mengingat Allah SWT.

Dikhawatirkan sifat lupa yang ada pada diri manusia tak jauh dari peran setan. Banyak kesalahan berawal dari sifat lupa. Banyak maksiat yang diawali sifat lupa.
Lupa Sebagai Rahmat dari Allah.

Hakikat lupa yang pertama adalah bisa menjadi rahmat dari Allah SWT yang patut disyukuri. Contohnya adalah kita lupa pada hal-hal atau pengalaman yang sedih, memalukan atau kurang menyenangkan.

Bisa Anda bayangkan misal kita tidak mempunyai sifat lupa pada kejadian sedih atau memalukan yang menimpa kita. Sudah tentu kita akan terus mengingatnya. Hal tersebut tentu saja berdampak buruk di hidup kita.

Baca Juga: Ditinggal Istri dan Anak Bekerja, Mertua di Tasikmalaya Memperkosa Menantu

Lupa Sebagai Musibah

Hakekat lupa yang kedua yaitu bahwa lupa juga terkadang bisa menjadi musibah yang harus dievaluasi. Hakikat lupa yang kedua inilah yang sering kita alami. Lupa dapat membawa kita pada maksiat.

Sesuai firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 286: “Ya Allah, kami mohon janganlah Engkau hukum kami bila kami pernah lupa dan dengan lupa itu kami berbuat salah”.

Lupa yang menjadikan seseorang salah dan berdosa adalah lupa yang diinisiasi dan didorong oleh setan. Peran setan mendorong dan membisikkan kita agar lupa pada kebaikan dan hanya mengarahkan pada sisi-sisi negatif. Al Quran sebagai solusi kepada kita bagaimana seorang muslim bisa menjaga ingatan dengan kuat sehingga terhindar dari sifat lupa atau bahkan mengatasi lupa.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X