• Sabtu, 2 Juli 2022

Makan Nasi Padang Pakai Tangan Atau Sendok, Nikmat Mana? Ini Hasil Penelitian Ahli

- Jumat, 4 Maret 2022 | 12:39 WIB
Poling Arief Muhammad soal makan nasi padang enaknya pakai tangan atau pakai sendok.  (Tangkapan layar Instagram @ariefmuhammad)
Poling Arief Muhammad soal makan nasi padang enaknya pakai tangan atau pakai sendok. (Tangkapan layar Instagram @ariefmuhammad)

TINTAPUTIH - Tanda pagar alias tagar pakai tangan dan pakai sendok hari Jumat 4 Maret 2022 ini meramaikan jagat media sosial. Ramai perdebatan cara makan nasi padang dengan dua metode itu.

Influencer Arief Muhammad salah seorang yang jadi pemicu, karena dia membuat polling. Bintang Emon dan sejumlah pesohor juga ikut menanggapi sehingga semakin heboh.

Namun terlepas dari perdebatan netizen asumsi makan nasi padang atau apa pun dengan tangan, dianggap lebih nikmat, ternyata ada dasar ilmiahnya.

Menurut para ilmuwan, mampu menyentuh makanan secara fisik dapat meningkatkan persepsi sensorik otak. Ini berarti bahkan sebelum makanan mencapai mulut, menyentuh dengan tangan membuat otak berpikir itu lebih enak dan lebih memuaskan daripada menggunakan alat makan.

Baca Juga: Menjelang Panen Raya Harga Gabah di Kabupaten Garut Anjlok

Tetapi para peneliti menemukan bahwa efek tersebut hanya terjadi pada orang yang biasanya melakukan diet sedangkan orang yang cenderung makan apa yang mereka inginkan tidak akan merasakan efek tersebut.

Penelitian dari Stevens University, New York, meminta 45 relawan untuk melihat beberapa saat kubus keju munster sebelum memegangnya dan kemudian memakannya.

Setengah dari orang tersebut memegang makanan dengan tusukan, sementara yang lainnya memegang dengan jari-jari mereka.

Beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka dapat mengontrol diri atas apa yang mereka makan berpikir bahwa keju lebih enak jika dipegang.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X