• Sabtu, 2 Juli 2022

Ciri Pemakai dan Dampak Sabu Menurut dr Enjeline Hanafi

- Kamis, 24 Maret 2022 | 18:15 WIB
dr Enjeline Hanafi
dr Enjeline Hanafi


TINTAPUTIH - Dokter psikiatri adiksi dari Klinik Adiksi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, dr Enjeline Hanafi mengatakan umumnya pemakai sabu atau methamfetamin akan merasakan energinya bertambah.

Dijelaskan dia, pemakai sabu-sabu juga merasakan peningkatan kepercayaan diri, bicara cepat, euforia, nafsu seksual atau libido meningkat, dan menjadi sangat waspada.

"Pemakai sabu akan terlihat sangat bersemangat, gelisah, impulsif, tidak fokus, hingga tidak butuh tidur," ujar Enjeline.

Dia menambahkan, ciri-ciri orang pemakai sabu secara fisik terlihat pada perubahan denyut nadi, tekanan darah, suhu tubuh, psikomotor, dan dilatasi pupil.

Baca Juga: Kereta Api Cibatu-Garut Diresmikan, Nama Warga Terdampak Diabadikan pada Prasasti

Tak hanya itu, ciri-ciri orang pemakai sabu juga akan terlihat memiliki kantung mata dan berbicara ngelantur.

"Adanya kantung mata pada pemakai sabu karena dia enggak tidur-tidur, pengguna sabu bisa tidak tidur atau tidak makan berhari-hari," lanjut Enjeline.

Efek pemakai sabu-sabu Enjeline menjelaskan efek sabu adalah jenis stimulan, sehingga otak penggunanya akan menjadi sangat aktif.

Saking aktifnya maka bisa berimbas jadi tidak bisa tidur dan semangat dalam hal apapun ketika orang tersebut masih dalam pengaruh obat tersebut.

"Ketika semangat, mereka enggak lapar, sehingga sering juga digunakan menjadi semacam 'obat diet'. Walau paling sering digunakan untuk menambah nafsu seksual," kata Enjeline.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X