• Sabtu, 2 Juli 2022

Ternyata Ini Rahasia Membuat Es Campur yang Lezat, Cocok Untuk Menu Buka Puasa

- Selasa, 29 Maret 2022 | 18:25 WIB
Rahasia kelezatan es campur untuk menu buka puasa.
Rahasia kelezatan es campur untuk menu buka puasa.

TINTAPUTIH - Es Campur menjadi pilihan favorit saat berbuka puasa. Paduan rasa yang manis dari gula dan sirup bercampur dengan buah-buahan segar seperti, kelapa, kolang-kaling, cincau, alpukat dan nangka berpadu dengan dinginnya serutan es batu, membuat rasa es campur semakin segar.

Namun untuk mendapatkan rasa es campur yang betul-betul segar dibutuhkan keahlian khusus terutama untuk memilih kelapa muda, alpukat dan nangka. Ternyata ini rahasia membuat es campur yang lezat. 

Kuncinya terletak pada pemilihan alpukat dan kelapa muda. Jika tidak memiliki keahlian maka kualitas alpukat atau kelapa muda kurang baik, sehingga berpengaruh terhadap cita rasa es campur.

"Alpukat super itu harganya cukup mahal bisa mencapai Rp 30 ribu per kilogram dan biasanya satu kilo hanya ada 3 buah alpukat. Namun daging buahnya bagus dan untuk menentukannya bisa dilihat dari kulit buahnya," terang Dodo (58) seorang penjual es campur asal Garut.

Baca Juga: Truk Tangki Minyak Goreng Terguling di Ciamis, Warga Ambil Tumpahannya

Selain alpukat, yang ikut menentukan rasa es campur terletak pada kelapa mudanya.Ternyata, untuk bisa menentukan kelapa muda yang pas untuk es campur dibutuhkan keahlian khusus.

"Kelapa mudanya harus pas, bukan yang setengah tua atau yang disebut dawegan santri, kelapa muda tersebut tidak akan terpakai oleh orang yang biasa jualan es campur," terang Dodo yang sudah menekuni usaha es campur lebih dari 40 tahun.

Nah, kata dia untuk menentukan kelapa muda yang baik, caranya dengan ditepuk. Bagi yang sudah ahli secara langsung akan tahu itu kelapa muda atau dawegan santri.

"Caranya ditepuk dan ada getaran air kelapa di dalamnya, bagi yang sudah ahli akan tahu itu kelapa muda atau dawegan santri," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X