• Minggu, 22 Mei 2022

Melatih Anak Berpuasa, Perhatikan Dulu Hal Penting Ini

- Rabu, 30 Maret 2022 | 22:35 WIB
Melatih anak berpuasa. (Foto Tangkapan Layar Youtube. PR Solo Raya Pikiran Rakyat)
Melatih anak berpuasa. (Foto Tangkapan Layar Youtube. PR Solo Raya Pikiran Rakyat)

TINTAPUTIH - Bulan Ramadhan tidak hanya milik orang tua yang sudah wajib menjalankannya, Namun juga bisa dijadikan moment untuk mengajarkan anak anda mulai berpuasa.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi Metabolik Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A (K) mengatakan, para orang tua yang akan mengajari anak berpuasa bisa memulai dari makanan padat terlebih dahulu.

"Mulailah mengajari anak untuk berpuasa dari makanan padat terlebih dahulu dan izinkan mereka tetap minum air untuk menghindari kekurangan cairan, terutama jika cuaca panas," ungkap dr Nurul seperti yang dikutip dari laman pikiran-rakyat.com.

Menurut Nurul bagi anak-anak, orang tua bisa memulai mengajari anak berpuasa selama 6 jam terlebih dahulu.

"Dengan pola seperti ini, anak belajar menahan lapar dari makanan yang sehari-hari dimakan," kata Dr Nurul.

Baca Juga: 18 Siswa MAN 6 Tasikmalaya Lolos SNMPTN, Peran Guru BK Diapresiasi

Jika anak sudah dapat menahan rasa lapar dari makanan padat, maka orang tua bisa mulai mengajari anak untuk menahan rasa haus. Tubuh anak- anak umumnya masih bisa menoleransi tidak ada air selama 2-4 jam.

Orang tua juga harus melihat kesanggupan sang anak dalam berpuasa, jika ia sudah terlihat tidak kuat maka tidak perlu dipaksakan. Orang tua juga dapat mulai mengajari anak berpuasa, ketika ia menginjak usia di atas 7 tahun. Sebab pada usia ini dampak kesehatan yang tidak diinginkan akibat berpuasa semakin jarang ditemui.

"Jika anak sudah lebih besar, ketika memasuki usia remaja, risiko hipoglikemia akan semakin berkurang. Mereka sudah lebih mampu menahan lapar dan haus. Suatu penelitian di Qatar menunjukkan performa akademik anak berusia 12 tahun yang sedang berpuasa juga cukup baik," ujar dr. Nurul.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selama 8 Tahun, Pria Ini Tinggal Di Atas Pohon

Jumat, 22 April 2022 | 23:54 WIB

Ternyata Ini Rahasia Membuat Tongseng yang Mantap

Senin, 18 April 2022 | 19:50 WIB
X