• Kamis, 30 Juni 2022

Tips Membuat Kacang Bawang Renyah Cemilan Lebaran

- Rabu, 27 April 2022 | 11:14 WIB
resep kacang goreng tanpa minyak
resep kacang goreng tanpa minyak

TINTAPUTIH- Kacang bawang menjadi cemilan favorit disaat hari raya Lebaran. Rasanya yang gurih dan renyah, sangat pas menjadi teman ngopi saat berkumpul bersama.

Sesuai namanya, kacang bawang terbuat dari kacang dan bawang. Untuk membuat kacang bawang sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kacang bawang terbuat dari kacang tanah yang dicampur bawang dan bumbu lain sehingga selain renyah juga gurih dan khas bawang. Untuk mendapatkan hasil kacang bawang yang renyah dibutuhkan trik khusus.

Pertama, kacang tanah yang masih ada kulitnya diseduh dengan air mendidih. Setelah itu diamkan kacang selama satu jam atau setelah air menjadi suam-suam kuku.

Bersihkan kulit kacang dengan cara memijit kacang satu persatu. Proses ini membutuhkan waktu cukup lama namun dengan cara ini hasil kacang goreng menjadi sangat renyah.

Baca Juga: Jajabur Makanan Pelengkap Tadarusan di Pesantren Muara Cipatujah

Ada juga cara lain untuk membersihkan kulit kacang yaitu dengan disangrai alias goreng tanpa minyak, kemudian kacang digosok-gosokkan hingga kulit kacang mengelupas.

Namun membersihkan kulit kacang dengan cara diseduh air mendidih dapat membuat kacang renyah.

Setelah kulit kacang terlepas cuci bersih lalu rendam dengan santan, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap rasa, tambahan daun jeruk biar aromanya khas.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X