• Jumat, 1 Juli 2022

Kenali Tanda-Tanda Awal Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

- Sabtu, 30 April 2022 | 16:20 WIB
Ilustrasi serangan jantung
Ilustrasi serangan jantung

TINTAPUTIH - Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian di Indonesia bahkan dunia. Penyakita ini tidak hanya mengenal batas usia, baik tua maupub muda sangat beresiko terkena penyakit ini.

Seperti dilansir dari PMJ News, Organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat empat dari lima kematian akibat penyakit kardiovaskular disebabkan oleh serangan jantung dan stroke.

Namun, biasanya penyakit jantung selalu mengirimkan sinyal dan peringatan ketika sedang bermasalah. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengenali tanda-tanda awal terebut.

Baca Juga: Wisatawan Diimbau Ambil Jalur Pantai Selatan Jawa

Berikut adalah tanda awal penyakit jantung yang kadang sering diabaikan :

1. Rasa Tidak Nyaman di Dada
Jika Anda adalah seseorang yang mengalami hal ini secara teratur tetapi mengabaikannya dengan anggapan bahwa itu hanya maag dan mulas, maka Anda salah.
Rasa tidak nyaman di dada selama beberapa menit sebenarnya merupakan pertanda buruk bagi kesehatan jantung. Ketidaknyamanan itu biasanya dirasakan seperti area dada tertimpa batu besar, atau kadang terasa seperti ada yang mencubit dada Anda.
2. Rasa Sakit Menembus Lengan
Ini adalah tanda khas serangan jantung. Jika tanpa alasan, tiba-tiba rasa sakit yang kuat menjalar ke tubuh di sisi kiri, ada kemungkinan bahwa itu bukan rasa sakit yang normal dan itu adalah serangan jantung.
3. Sering Pusing
Meski sejumlah alasan bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan atau merasa pusing untuk sementara waktu, kemungkinan masalah jantung tidak bisa dikesampingkan sepenuhnya.
4. Sakit di Rahang
Nyeri di rahang atau kadang-kadang daerah tenggorokan pada serangan jantung terutama disebabkan oleh tekanan yang diteruskan ke daerah-daerah ini dari jantung.
5. Mendengkur
Mendengkur dianggap normal. Tetapi ketika terdengar lebih keras, Anda perlu menyadari bahwa itu mungkin sleep apnea, di mana seseorang mengalami masalah pernapasan saat tidur.
Dalam gangguan tidur yang berpotensi mematikan ini, pernapasan seseorang berulang kali berhenti.

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X