• Kamis, 30 Juni 2022

Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi Dengan 5 Makanan Ini

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi makanan penurun kolesterol.
Ilustrasi makanan penurun kolesterol.

TINTAPUTIH- Untuk menghindari kolestrol saat Lebaran, perlu kiat-kiat mengkonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolestrol. Diketahui kolesterol merupakan senyawa lemak berlilin yang dibuat di dalam organ hati dan lemak jenuh dalam makanan.

Kolesterol memang dibutuhkan dalam tubuh. Kegunaan kolesterol di antaranya untuk membangun sel-sel baru, proses pencernaan, dan produksi hormon, hingga pembentukan vitamin D.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia. Pertama adalah HDL (kolesterol baik) yang dijelaskan di atas dan LDL (kolesterol jahat). Jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda begitu tinggi, maka akan hal tersebut dapat menjadi kolesterol jahat dan dapat membahayakan.

Dikutip dari NDTV Food, inilah beberapa makanan yang bisa turunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga: Situ Cangkuang Garut, Destinasi Wisata Paket Lengkap

Untuk menjaga hal tersebut, tentunya Anda harus memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat membuat tingkat kolesterol tinggi. Salah satunya adalah memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Inilah 5 makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

1. Buah Lemon

Vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat membantu membuang racun dan mengurangi peradangan dalam tubuh.
Berdasarkan buku ‘Healing Foods’ karya DK Publishing, lemon mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi, senyawa pektin, dan limonoid.
Faktor-faktor tersebut dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah dan mengurangi kolesterol LDL.

2. Bayam

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Tips Memelihara Ikan Cupang Bagi Pemula

Sabtu, 28 Mei 2022 | 11:14 WIB
X