• Minggu, 22 Mei 2022

Legitnya Cocorot Khas Pangandaran Kuliner Tradisional yang Bentuknya Unik

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:01 WIB
Cocorot Pangandaran. (TINTAPUTIH.)
Cocorot Pangandaran. (TINTAPUTIH.)

TINTAPUTIH - Dari banyaknya kuliner yang ada di Pangandaran, Cocorot salahsatu kuliner tradisional yang unik dan menarik.

Belum lengkap rasanya apabila ke Pangandaran tidak mencicipi cocorot. Makanan manis yang rasanya legit dan kenyal. Meskipuk tak begitu populer di lidah milenial, banyak yang penasaran dengan bentuk dan rasanya.

Cocorot Pangandaran berbeda dengan cocorot Purworejo, Jawa Tengah. Disana Cocorot dinamakan Celorot. Sementara di Jawa Barat makanan tersebut akrab di sapa Cocorot.

Baca Juga: Truk Pengangkut Miras Terguling di Gentong Timpa Pengendara Sepeda Motor HIngga Tewas

Tampilannya sangat mirip, namun ukurannya berbeda dengan Cocorot khas Pangandaran. Bahan untuk membuat Cocorot sangat sederahana.

Penjual Cocorot, Ma Isah (60), warga Desa Cijulang, mengatakan, Cocorot terbuat dari tepung beras sedikit tepung kanji. "Kemudian bahan dasar lainnya seperti, garam, kapur sirih, gula merah serta dicampur pewangi alami dari daun pandan," katanya. Jumat (13/5/2022).

Untuk membuatnya lumayan sederhana, cukup mencampurkan semua bahan dan ditambah air santan. Setelah itu diaduk sampai rata selama 30 menitan.

Baca Juga: PPDB 2022 SMA dan SMK Akan Dimulai 17 Mei 2022

"Jika adonan sudah kental, Cocorot dimasukan dalam wadah yang terbuat dari daun kelapa muda atau disebut janur kunir," ucap Ma Isah.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selama 8 Tahun, Pria Ini Tinggal Di Atas Pohon

Jumat, 22 April 2022 | 23:54 WIB

Ternyata Ini Rahasia Membuat Tongseng yang Mantap

Senin, 18 April 2022 | 19:50 WIB
X