• Senin, 8 Agustus 2022

Dokter Nurhati : Hindari Dehidrasi Calon Haji Sebaiknya Minum Air Putih Tiap 2-3 Jam

- Rabu, 8 Juni 2022 | 08:39 WIB
Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani
Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani

TINTAPUTIH- Informasi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat berkunjung ke Saudi Arabia yang dilansir beberapa media. Untuk mengatasi cuaca panas yang menyengat di tanah suci Mekkah akhir-akhir ini, perlu upaya bagaimana supaya bisa terhindar dari dehidrasi pada calon haji.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Nurhati Febriani, Sp.GK, FINEM, AIFO-K mengingatkan agar calon haji mengonsumsi air putih secara rutin setiap 2-3 jam guna menghindari dehidrasi. Jangan minum hanya saat haus.

Ditambahkan dia, banyak cara yang bisa dilakukan oleh calon jemaah haji, selain diupayakan minum air putih setiap 2-3 jam, pemenuhan asupan cairan juga bisa didapatkan dari jus, susu atau minuman yang mengandung elektrolit.

Baca Juga: Perkembangan Kebijakan Pajak Setelah Terjadinya Pandemi Covid-19

"Idealnya sih memang air putih, tapi bisa juga dengan minuman lain atau minuman yang mengandung elektrolit untuk mengganti cairan yang hilang. Tapi tetap disarankan untuk membatasi konsumsi minuman yang mengandung glukosa yang tinggi," katanya.

Dia mengatakan makanan berkuah seperti sup juga bisa menjadi alternatif pilihan, terlebih lagi sup mengandung mikronutrien seperti vitamin, mineral dan elektrolit.

Dia kembali mewanti-wanti calon haji untuk menjaga kondisi kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi dan seimbang guna mendukung kelancaran beribadah.

"Lakukan persiapan sebelum berangkat haji dengan asupan bergizi seimbang sebagai bagian dari persiapan sehat fisik dan mental," kata dia .

Baca Juga: Hanya Membuat Kerumunan Piala Presiden 2022, Penonton Tak Bawa Tiket Online Jangan Datang ke Stadion

Dokter Nurhati menyarankan agar sebelum keberangkatan, calon haji perlu rutin melakukan olah raga ringan seperti jalan pagi atau sore sekitar 30 menit per hari.

Saat berhaji, kata dia, upayakan konsumsi makanan sehat gizi seimbang, serta cukup air putih setiap hari. Dia juga mengimbau calon haji untuk menyiapkan air dalam botol yang dilengkapi semprotan.

"Tujuannya untuk menyemprotkan ke wajah, bagian tubuh, atau pakaian bila dirasa kondisi cuaca panas menyengat," katanya.

Selain itu, imbuh dia, calon haji juga perlu menggunakan pakaian yang nyaman, menyerap keringat dan tidak terlalu ketat sehingga memudahkan gerakan.

"Perlu juga menggunakan pelindung tubuh dari sengatan panas matahari mulai dari tabir surya, topi, hingga payung dan selalu menggunakan alas kaki bila bepergian," katanya.

Selain itu, pungkas dia, calon haji berisiko tinggi, lansia, dan mereka yang kondisi tubuhnya sedang kurang fit sebaiknya selalu didampingi.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Versi Asal Usul Hantu Kuntilanak

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:16 WIB

Link Twibbon HUT Kemerdekaan RI ke-77

Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:38 WIB

Daun Ini Bisa Mendeteksi Serangan Santet

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:04 WIB

Pria Ini Menikahi Jin Muslim Berusia 700 Tahun

Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:08 WIB

7 Bahasa yang Sulit Dipelajari di Dunia

Jumat, 29 Juli 2022 | 20:06 WIB
X