• Senin, 8 Agustus 2022

Pelestari Penyu di Pangandaran Khwatirkan Kepenuhan Penyu yang Tersisa, Masuk Appendiks 1

- Selasa, 21 Juni 2022 | 08:11 WIB
Penyu hijau masuk dalam golongan binatang yang terancam punah sehingga terlarang untuk membunuh mereka.  (Bonsernews.com/abc.net.au/indonesian - ABC Regional/Erin Parke)
Penyu hijau masuk dalam golongan binatang yang terancam punah sehingga terlarang untuk membunuh mereka. (Bonsernews.com/abc.net.au/indonesian - ABC Regional/Erin Parke)

TINTAPUTIH - Pelestari Penyu Ai Giwang menyampaikan keresahannya karena jenis penyu di tempat pelestarian hanya tersisa 4 jenis.

"Induk penyu besar yang tersisa tinggal penyu sisik dan hijau. Sementara untuk tukik atau anak penyu berjenis penyu tempayan dan pipih," kata Giwang. Senin (20/6/2022).

Giwang mengatakan, karena pelestari penyu tidak boleh memelihara banyak jenis penyu, maka satu persatu penyu besar dilepaskan untuk berkembang biak dan bertelur.

Baca Juga: LIVE Persib vs Bhayangkara FC, Ciro dan Victor Absen, Ini Klasemen Grup C Setelah Bali United Tekuk Persebaya

"Setiap memasuki bulan Juni-November merupakan musim bertelur. Artinya ada yang dilepaskan dan ada yang diambil," ucapnya.

Sementara karena pelestarian penyu di Pangandaran hanya menetaskan telur dan merawat sampai dewasa. Maka, pelestari akan mencari telur penyu yang kembali ke pantai Batuhiu.

"Tidak semua penyu bisa kembali lagi ke asal mereka dibesarkan. Karena setiap kali pelepasan penyu kemungkinan hidupnya hanya 1 persen. Sisanga bermigrasi atau mati kena predator atau ditangkap serta dikonsumsi manusia," katanya.

Baca Juga: Semangat yang Kuat, Salah Satu Kunci Keberhasilan Dosen Unper Tasikmalaya Mendapat Hibah Penelitian

Ai Giwang mengingatkan bahwa kehidupan penyu saat ini memasuki Appendiks I. Artinya daftar seluruh spesies tumbuhan dan satwa liar yang dilarang dalam segala bentuk perdagangan internasional. Terdapat kurang lebih 800 spesies yang termasuk dalam Appendiks I.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beberapa Versi Asal Usul Hantu Kuntilanak

Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:16 WIB

Link Twibbon HUT Kemerdekaan RI ke-77

Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:38 WIB

Daun Ini Bisa Mendeteksi Serangan Santet

Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:04 WIB

Pria Ini Menikahi Jin Muslim Berusia 700 Tahun

Sabtu, 30 Juli 2022 | 17:08 WIB

7 Bahasa yang Sulit Dipelajari di Dunia

Jumat, 29 Juli 2022 | 20:06 WIB
X