• Minggu, 28 November 2021

Evaluasi Sistem Keselamatan Pantai Karapyak Ditutup

- Senin, 1 November 2021 | 16:49 WIB
tenggelam pantai karapyak
tenggelam pantai karapyak

Pangandaran - Pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan penutupan sementara objek wisata pantai Karapyak Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran.

Penutupan dilakukan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata terhitung mulai Senin (1/11/2021) ini.

Penutupan objek wisata pantai itu terpaksa dilakukan untuk memberi waktu kepada semua pihak, baik pemerintah, pelaku wisata dan stakeholder lainnya untuk mengevaluasi tata laksana atau SOP keselamatan wisatawan.

Langkah ini diambil menyusul adanya kejadian wisatawan yang hilang terseret ombak pada Minggu (31/10/2021).

"Kita akan audit, terus SOP nya mau seperti apa. Kenapa meninggal, mungkin anak-anak pergi ke pantai. Kan mereka nggak tahu kondisi di pantai Karapyak. Jadi untuk sementara ditutup dulu," kata Jeje.

Jeje mengatakan dalam beberapa bulan terakhir sudah ada dua kasus kecelakaan yang menimpa wisatawan pantai Karapyak.

"Karena sudah beberapa bulan ini sudah dua kasus yang terjadi di pantai Karapyak," kata Jeje.

Dia menekankan agar semua pihak terkait ikut proaktif membenahi sistem pengawasan atau pemantauan keselamatan wisatawan di pantai Karapyak.

"Dibenahi dulu, dievaluasi SOP nya dijalankan atau tidak. Dievaluasi jangan-jangan ada masalah atau ada kekurangan yang harus dibenahi. Saya sudah perintahkan langsung Kepala Dinas Pariwisata untuk mengevaluasinya," kata Jeje.

Pantai Karapyak baru bisa dibuka kembali setelah permasalahan atau evaluasi tata laksana keselamatan wisatawan sudah dibenahi.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Pangandaran AKP Sugianto menegaskan pantai Karapyak sangat berbahaya untuk aktivitas berenang.

"Sebenarnya kami bersama pihak terkait sudah memasang peringatan larangan berenang dan terus menyosialisasikan kepada wisatawan. Termasuk meminta pelaku wisata untuk sama-sama mengawasi wisatawan," kata Sugianto.

Menurut dia, pantai Karapyak sangat berbahaya untuk aktivitas berenang karena pantainya berupa hamparan karang yang berlubang.

"Hamparan karang berlubang, batuannya tajam. Ketika datang ombak lalu terjatuh atau terpeleset bisa sangat fatal. Lubang di karang juga sangat berbahaya, karena bisa membuat kita terjebak," kata Sugianto.

Pencarian Wisatawan Tenggelam Masih Dilakukan


Sementara itu tim SAR gabungan dari berbagai instansi masih terus melakukan pencarian terhadap korban hilang akibat tenggelam di pantai Karapyak Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran.

Korban diketahui bernama Muhammad Usamah Salahudin, seorang pelajar berusia 13 tahun asal Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

"Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian keberadaan korban pagi ini. Mudah-mudahan bisa segera ditemukan," kata Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Pangandaran AKP Sugianto.

Kecelakaan tersebut terjadi pada Minggu (31/10/2021) petang. Saat itu korban bersama keluarganya berwisata ke pantai Karapyak.

Bersama saudaranya Jakariah Fajar (9), korban kemudian bermain ke tepi pantai. Sementara orangtuanya sedang melaksanakan ibadah salat Dzuhur.

Saat hendak berenang ke pantai, kedua anak itu sempat diperingatkan oleh Riki (30) salah seorang pedagang di pantai Karapyak. Namun peringatan itu tidak digubris oleh kedua korban, mereka tetap bermain ke tengah.

Tak lama berselang, Riki dan warga lain melihat kedua korban melambaikan tangan dalam kondisi tergulung ombak. Tangannya diangkat seperti meminta pertolongan.

Saat itu juga Sahyu (34) salah seorang nelayan, langsung berlari sambil membawa pelampung untuk menyelamatkan kedua korban yang posisinya berada sekitar 100 meter dari bibir pantai.

Sahyu berhasil menyelamatkan Fajar yang saat itu masih sadarkan diri. Dia selamat setelah meraih pelampung. Sementara Usamah hilang ditelan gulungan ombak.*

Editor: A Team

Tags

Terkini

Tiga Hotel di Pangandaran Disanksi Tipiring

Senin, 15 November 2021 | 17:54 WIB

Prokes Semakin Kendor Bupati Ancam Tutup Objek Wisata

Jumat, 5 November 2021 | 17:21 WIB

Asosiasi Manager Hotel di Pangandaran Dikukuhkan

Kamis, 4 November 2021 | 21:07 WIB

Evaluasi Sistem Keselamatan Pantai Karapyak Ditutup

Senin, 1 November 2021 | 16:49 WIB

Geliat Pariwisata Pangandaran di Hari Kerja Lesu

Senin, 11 Oktober 2021 | 18:15 WIB

Sejumlah Ruas Jalan di Pantai Pangandaran Rusak

Minggu, 10 Oktober 2021 | 17:44 WIB

Ada Fasilitas Wisata Baru di Pantai Pangandaran

Jumat, 8 Oktober 2021 | 10:14 WIB

4 Ruang Publik di Ciamis yang Nyaman Disinggahi

Kamis, 23 September 2021 | 17:20 WIB

Target Vaksinasi Tercapai Pantai Batukaras Dibuka Lagi

Minggu, 19 September 2021 | 16:07 WIB
X