• Minggu, 28 November 2021

Asosiasi Manager Hotel di Pangandaran Dikukuhkan

- Kamis, 4 November 2021 | 21:07 WIB
IHGMA Pangandaran
IHGMA Pangandaran

Pangandaran - Dewan pengurus cabang (DPC) Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kabupaten Pangandaran resmi dikukuhkan dalam sebuah acara yang dihelat di hotel Krisna Pangandaran, Kamis (4/11/2021).

Selain dihadiri oleh seluruh pengurus Pangandaran, acara dihadiri pula oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan Ketua IHGMA Jawa Barat Iwan Risma Wardani.

"Rencana induk pembangunan Jabar Selatan dan visi Pangandaran menjadi wisata kelas dunia, adalah tantangan bagi kita. Makanya kami akan terus melakukan edukasi terhadap manager dan pegawai hotel agar terus meningkatkan kualitas dan kompetensinya," kata Riza Bayu Ketua DPC IHGMA Pangandaran.

Organisasi para manager hotel itu menurut Riza akan berkomiten untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan pemangku kebijakan lainnya, sehingga kualitas pelayanan pariwisata di Pangandaran menjadi lebih baik.

"Pembangunan terus ditingkatkan, kemajuan bergerak pesat. Maka kita harus terus meningkatkan kompetensi," kata Riza.

Ketua IHGMA Jawa Barat Iwan Risma Wardani menambahkan industri perhotelan mutlak membutuhkan dukungan pemerintah. Begitu juga sebaliknya pemerintah membutuhkan dukungan industri perhotelan. "Kita saling membutuhkan sehingga jelas harus berkolaborasi," kata Iwan.

Iwan mengatakan industri perhotelan belakangan ini baru mencoba bangkit setelah porak-poranda imbas pandemi COVID-19. Hotel kini harus bisa melakukan adaptasi-adaptasi dengan cepat jika tak ingin terlindas oleh situasi dampak pandemi.

"Makanya hotel harus sejalan, siap membantu kebijakan pemerintah dalam penuntasan pandemi COVID-19. Pihak hotel jangan bosan mengingatkan wisatawan terkait Prokes serta menerapkan aplikasi peduli lindungi. Bukan untuk menghambat pelayanan, tapi itu justru untuk melindungi tamu kita sendiri," kata Iwan.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang juga hadir di acara itu menambahkan sehebat apa pun kebijakan pemerintah di sektor pariwisata, tanpa dukungan hotel akan sulit. "Sehebat apa pun kebijakan kami, tanpa dukungan pihak pengelola hotel maka akan sulit mewujudkan visi Pangandaran sebagai destinasi wisata berkelas dunia. Oleh karena itu mari kita berkolaborasi, saling mendukung," kata Jeje.

Dia juga mengatakan ada dua hal yang menjadi harapan Pemkab Pangandaran terhadap hotel-hotel di Pangandaran. "Yang pertama bantu pemerintah menegakkan Prokes. Minimal ingatkan terus tamu-tamunya agar taat Prokes, minimal pakai masker. Kemudian yang kedua, karena pariwisata mulai bangkit, jangan lupa pajak dan retribusinya," kata Jeje.*

Editor: A Team

Tags

Terkini

Tiga Hotel di Pangandaran Disanksi Tipiring

Senin, 15 November 2021 | 17:54 WIB

Prokes Semakin Kendor Bupati Ancam Tutup Objek Wisata

Jumat, 5 November 2021 | 17:21 WIB

Asosiasi Manager Hotel di Pangandaran Dikukuhkan

Kamis, 4 November 2021 | 21:07 WIB

Evaluasi Sistem Keselamatan Pantai Karapyak Ditutup

Senin, 1 November 2021 | 16:49 WIB

Geliat Pariwisata Pangandaran di Hari Kerja Lesu

Senin, 11 Oktober 2021 | 18:15 WIB

Sejumlah Ruas Jalan di Pantai Pangandaran Rusak

Minggu, 10 Oktober 2021 | 17:44 WIB

Ada Fasilitas Wisata Baru di Pantai Pangandaran

Jumat, 8 Oktober 2021 | 10:14 WIB

4 Ruang Publik di Ciamis yang Nyaman Disinggahi

Kamis, 23 September 2021 | 17:20 WIB

Target Vaksinasi Tercapai Pantai Batukaras Dibuka Lagi

Minggu, 19 September 2021 | 16:07 WIB
X