• Minggu, 28 November 2021

Tiga Hotel di Pangandaran Disanksi Tipiring

- Senin, 15 November 2021 | 17:54 WIB
tiga hotel pangandaran tipiring
tiga hotel pangandaran tipiring

Pangandaran - Aparat Polres Ciamis mengambil tindakan tegas terhadap hotel di pantai Pangandaran yang melanggar aturan protokol kesehatan (Prokes).

Sebanyak tiga hotel di Pangandaran yaitu Grand Pasifik, Fortuna dan Melia Beach dihadapkan oleh polisi kepada sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

"Tiga hotel kami tindak kemarin, dikenakan Tipiring, nanti hari Kamis menjalani sidang," kata Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi, Senin (15/11/2021).

Polisi mendapati ketiga hotel itu melanggar Pasal 21 huruf (i) jo Pasal 34 Ayat (1) Perda Prov Jabar No 5 tahun 2021.

Wahyu Broto menjelaskan pelanggaran paling menonjol dari ketiga hotel itu adalah melebihi kapasitas maksimal 75 persen. "Ketiga hotel tersebut full booked, padahal pada ketentuan PPKM level 1 maksimal 75 persen," kata Wahyu.

Pelanggaran lain adalah hotel tidak menyediakan masker bagi pengunjung, staf tidak menggunakan masker, dan di setiap kamar tidak ada fasiltas hand sanitizer, membiarkan tamu hotel masuk tidak menggunakan masker serta tidak menyiapkan sabun di tempat cuci tangan.

Wahyu Broto berharap penindakan ini bisa menjadi pelajaran atau memberi efek jera bagi pengusaha hotel di Pangandaran agar senantiasa menaati aturan.

"Pandemi belum berakhir, menjaga Prokes di tempat wisata sama dengan menjaga kelangsungan pariwisata di Pangandaran. Karena jika sampai terjadi klaster, maka akan berdampak pada aktivitas pariwisata itu sendiri," kata pria yang akrab disapa Sony ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengaku mendukung penegakan hukum yang dilakukan oleh Polres Ciamis. "Tentu ini sebagai peringatan bagi semua pengusaha hotel dan semua pelaku usaha lainnya agar selalu memperhatikan penerapan protokol kesehatan," kata Tonton.

Pihak Dinas Pariwisata sendiri, kata Tonton selama ini telah berusaha memberikan imbauan kepada pengelola hotel untuk mengikuti aturan.

"Sosialisasi saya kira hampir dilakukan setiap ada kesempatan. Pengusaha hotel harus pro aktif membantu, ingatkan tamunya memakai masker. Kalau perlu hotel menyediakan masker. Jangan sampai malah pegawainya hotelnya sendiri tak pakai masker," kata Tonton.*

Editor: A Team

Tags

Terkini

Tiga Hotel di Pangandaran Disanksi Tipiring

Senin, 15 November 2021 | 17:54 WIB

Prokes Semakin Kendor Bupati Ancam Tutup Objek Wisata

Jumat, 5 November 2021 | 17:21 WIB

Asosiasi Manager Hotel di Pangandaran Dikukuhkan

Kamis, 4 November 2021 | 21:07 WIB

Evaluasi Sistem Keselamatan Pantai Karapyak Ditutup

Senin, 1 November 2021 | 16:49 WIB

Geliat Pariwisata Pangandaran di Hari Kerja Lesu

Senin, 11 Oktober 2021 | 18:15 WIB

Sejumlah Ruas Jalan di Pantai Pangandaran Rusak

Minggu, 10 Oktober 2021 | 17:44 WIB

Ada Fasilitas Wisata Baru di Pantai Pangandaran

Jumat, 8 Oktober 2021 | 10:14 WIB

4 Ruang Publik di Ciamis yang Nyaman Disinggahi

Kamis, 23 September 2021 | 17:20 WIB

Target Vaksinasi Tercapai Pantai Batukaras Dibuka Lagi

Minggu, 19 September 2021 | 16:07 WIB
X