• Selasa, 16 Agustus 2022

Wisatawan Pantai Pangandaran Wajib Menunjukan Kartu Vaksinasi

- Sabtu, 27 November 2021 | 13:58 WIB
Petugas memeriksa kartu vaksinasi wisatawan yang hendak ke pantai Pangandaran. (Faizal Amiruddin)
Petugas memeriksa kartu vaksinasi wisatawan yang hendak ke pantai Pangandaran. (Faizal Amiruddin)

TINTAPUTIH - Wisatawan yang hendak piknik ke pantai Pangandaran Jawa Barat wajib menunjuka kartu vaksinasi. Kebijakan itu dilakukan Pemkab Pangandaran berkaitan dengan pengetatan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. Langkah itu diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 menjelang liburan akhir tahun, dimana ada potensi jumlah wisatawan akan membludak.

Kebijakan wajib menunjukan kartu vaksinasi itu dilakukan Pemerintah Kabupaten Pangandaran dengan memberlakukan pemeriksaan di pintu gerbang utama pantai Pangandaran. Wisatawan yang baru saja masuk akan langsung diperiksa oleh petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Bagi wisatawan pantai Pangandaran yang kedapatan belum menjalani vaksinasi, maka akan dihadapkan kepada dua pilihan. Menjalani vaksinasi di gerai yang sudah disediakan Polres Ciamis atau dipulangkan.

Baca Juga: Pedagang Mempertanyakan Janji Pemerintah Revitalisasi Pasar Pananjung Pangandaran

"Bagi yang belum divaksinasi kami sediakan gerai vaksinasi, kalau tetap tak mau terpaksa kami pulangkan," kata Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi disela operasi pemeriksaan, Sabtu 27 November 2021.

Dia menjelaskan pengetatan ini dilakukan karena Pangandaran saat ini sudah berada pada level 1 PPKM dan capaian vaksinasi sudah 80 persen. Sehingga untuk menekan potensi penularan, semua wisatawan yang masuk ke pantai Pangandaran harus sudah divaksinasi, minimal dosis pertama. "Jadi kita lakukan screening, agar wisatawan yang masuk semuanya sudah menjalani vaksinasi," kata Wahyu.

Dia mengatakan pemeriksaan ini akan terus dilakukan secara berkala terutama berkaitan dengan potensi lonjakan wisatawan di masa liburan akhir tahun 2021. "Ini akan terus dilakukan sampai akhir tahun bahkan sampai tahun depan. Intinya kami ingin mengedukasi dan sosialisasi ke masyarakat bahwa berwisata ke pantai Pangandaran harus sudah menjalani vaksinasi dan taat Prokes," kata Wahyu.

Selain itu dia juga mengingatkan agar wisatawan telah menyiapkan kartu vaksinasi atau aplikasi peduli lindungi sebelum masuk pantai Pangandaran. Hal ini agar proses pemeriksaan lancar serta menekan potensi antrian pemeriksaan.***

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X