• Senin, 4 Juli 2022

Kenikmatan Asli Sambal Cibiuk Hanya Didapat Jika Dibuat di Kecamatan Ini

- Jumat, 31 Desember 2021 | 07:57 WIB
Komplek makam Syech Jafar Sidiq di Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut. (Undang Sudrajat)
Komplek makam Syech Jafar Sidiq di Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut. (Undang Sudrajat)

 

TINTAPUTIH - Bagi penyuka sambal, nama Cibiuk mungkin tidak asing lagi. Sambal Cibiuk bahan bakunya hampir sama dengan bahan sambal pada umumnya, namun setelah dicicipi memiliki rasa khas yang berbeda.

Sejarah sambal Cibiuk diambil dari nama sebuah Kecamatan di Kabupaten Garut tepatnya di wilayah Garut Utara, tempat asal muasal sambal itu diciptakan.

Untuk menuju Kecamatan Cibiuk  jaraknya sekira 5 Kilometer dari Jalan Nasional Pasar Limbangan.

Bagi yang ingin datang ke lokasi tinggal belok kanan jika dari arah Bandung dan sebaliknya. Di sepanjang jalan Cibiuk berjejer rumah makan yang menawarkan sambal khas Cibiuk.

Sambal Cibiuk tidak bisa lepas dari sejarah Embah Wali Jafar Sidiq, seorang ulama besar yang berjasa menyebarkan agama Islam di Wilayah Garut, terutama di wilayah Cibiuk dan Limbangan. Karena itu beliau diberi gelar Syech.

Makam Syech Jafar Sidiq beserta istrinya berada di Kampung Cilanjung, Desa Cipareuan, Kabupaten Garut. Kini makam tersebut menjadi salah satu objek wisata religi yang banyak dikunjungi peziarah.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Snouck Hurgronje Menikahi Gadis Priangan

Syech Ja'far Sidiq terkenal karena kesederhanaan dan kesaktiannya. Banyak cerita yang dituturkan dari mulut ke mulut tentang sosok ulama besar yang berjasa menyebarkan agama Islam. Ayahnya Kyai Mas'ud merupakan cicit Dalem Wirabangsa dan masih keturunan Sunan Cipancar.

Sambal Cibiuk erat kaitannya dengan sosok Syech Ja'far Sidiq, karena pembuat sambal Cibiuk adalah Raden Ajeng Fatimah, istri Ja'far Sidiq dan putri seorang Demang.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2,6 Juta Wisatawan Serbu Kabupaten Pangandaran

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:57 WIB
X