• Minggu, 3 Juli 2022

3 Desa Wisata Kabupaten Tasikmalaya Masuk 500 Kriteria Wisata Nasional

- Kamis, 21 April 2022 | 10:03 WIB
Ketua Prawita Genppari Kabupaten Tasikmalaya Rizal (Ai Setiadi)
Ketua Prawita Genppari Kabupaten Tasikmalaya Rizal (Ai Setiadi)

TINTAPUTIH- Kabupaten Tasikmalaya sangat kaya dengan potensi desa wisata, hampir tiap desa dari sebanyak 351 desa dan 39 kecamatan rata-rata punya tempat wisata yang cukup menarik jika digali dengan serius.

Banyak ragam desa wisata yang tersebar dan belum seluruhnya tersentuh di Kabupaten Tasikmalaya, seperti wisata religi, bahari, alam (gunung, sungai, danau), wisata budaya, (sejarah, adat, seni, kerajinan), dan banyak lagi yang lainnya.

Ketua Pegiat Ragam Wisata Nusantara Gerakan Pencinta Pariwisata Indonesia (Prawita Genppari), Kabupaten Tasikmalaya Rizal menjelaskan ada sekitar 80 desa wisata yang menjadi binaan Prawita Genppari.

Baca Juga: Miras Satu Mobil Boks dan Tuak 4 Drum Diamankan Polisi

Dari sekitar 80 desa wisata yang dibina Prawita Genppari, kata Rizal, 3 desa wisata yaitu Desa Bojongsari, Kecamatan Culamega, Desa Taraju Kecamatan Taraju dan Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang masuk kriteria wisata Nasional.

“Tiga desa wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya ini tentu punya kriteria tersendiri bisa masuk kriteria Nasional. Alhamdulillah bisa masuk kriteria wisata Nasional dari 500 desa wisata yang ada di Indonesia,” jelas Rizal.

Jika dilihat dari jumlah desa di Kabupaten Tasikmalaya dan binaan Prawita Genppari sambung Rizal, tentu saja masih sedikit desa wisata di Kabupaten Tasikmalaya yang baru bisa dikelola dan dikembangkan.

“Perlu sinergisitas dan kerja keras antara pemerintah desa, masyarakat dan Pemkab Tasikmalaya dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, mendorong pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya bisa lebih dikenal di tingkat nasional,” harapnya.

Baca Juga: Spirit Ramadhan, Jaga dan Pelihara Kesetiakawanan Sosial

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2,6 Juta Wisatawan Serbu Kabupaten Pangandaran

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:57 WIB
X