• Minggu, 3 Juli 2022

Situ Cangkuang Garut, Destinasi Wisata Paket Lengkap

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 09:54 WIB
Situ Cangkuang Kabupaten Garut
Situ Cangkuang Kabupaten Garut

TINTAPUTIH- Situ Cangkuang merupakan destinasi wisata yang cukup lengkap karena memiliki beberapa objek wisata dalam satu lokasi. Selain itu, Situ Cangkuang juga memiliki panorama alam yang sangat indah dengan udara yang bersih dan segar sehingga cocok dijadikan tempat istirahat setelah beraktivitas.

Situ Cangkuang terletak di Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Wisatawan yang datang bisa berwisata religi, bisa melakukan kajian arkeolog, budaya, arsitektur bahkan area untuk olahraga dan melepas penat pun tersedia dengan fasilitas yang lengkap dan harga tiket yang sangat murah.

Menurut keterangan Polsus Cagar Budaya Situ Cangkuang Zaki Munawar objek wisata Situ Cangkuang merupakan destinasi wisata yang sangat lengkap karena memiliki beragam objek wisata untuk pengunjung.

"Situ Cangkuang merupakan sebuah Destinasi wisata yang lengkap karena bisa jadi wisata religi, untuk umat muslim bisa berwisata ke makam Mbah Dalem Arif Muhammad, untuk umat Hindu ada Candi Cangkuang, untuk pelajar dan mahasiswa bisa melakukan kajian arkeolog, budaya dan arsitektur bahkan untuk masyarakat umum juga bisa untuk menikmati keindahan situ menggunakan rakit, berolahraga, spot foto dan sebagainya," Jelas Zaki Munawar, Kamis 5 Mei 2022.

Baca Juga: SEA Games 2021 Indonesia U-23 VS Vietnam U-23 : Tim Garuda Muda Kalah Telak

Pengunjung yang datang ke Situ Cangkuang dari gerbang pintu masuk terlebih dahulu harus menyeberang menggunakan rakit agar bisa sampai ke Kampung Pulo. Ongkos rakit terbilang sangat murah, hanya Rp 5 ribu untuk ongkos bolak-balik menuju Pulo ditengah Situ.

Di area Pulo, terdapat Kampung Adat Pulo, makam Mbah Dalem Arif Muhammad, museum yang berisi peninggalan Mbah Dalem Arif Muhammad, Candi Cangkuang dan berbagai fasilitas lain yang memanjakan pengunjung.

Di Situ Cangkuang ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa muda-mudi yang berpacaran dilarang naik rakit di Situ Cangkuang karena bisa mengakibatkan gagal menikah alias putus. Meski mitos tersebut hanyalah cerita yang dituturkan dari mulut ke mulut.

Konon, larangan muda-mudi yang berpacaran naik rakit di Situ Cangkuang muncul saat seorang bandit yang terkenal sadis asal Leles, Mat Peci selalu menggunakan rakit saat kembali menemui Euis, kekasihnya.

Halaman:

Editor: Faizal Amiruddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2,6 Juta Wisatawan Serbu Kabupaten Pangandaran

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:57 WIB
X