• Minggu, 3 Juli 2022

Kreatif, Warga Lokal Buat Kotak Amal Sampah di Obwis Pantai Pangandaran

- Rabu, 11 Mei 2022 | 20:39 WIB
Kotak sampah amal di obwis pantai Pangandaran. (TINTAPUTIH)
Kotak sampah amal di obwis pantai Pangandaran. (TINTAPUTIH)

TINTAPUTIH - Setelah libur lebaran berakhir kondisi pantai Pangandaran masih dipenuhi beberapa sampah yang belum tersapu bersih.

Untuk memudahkan wisatawan membuang sampah sesuai jenisnya. Warga lokal buatkan kotak amal sampah.

Manager Bank Sampah Induk Sehate Pangandaran (BSISP), Rian Hidayat, mengatakan, inisiasi membuat program sedekah sampah ini sudah menjadi program BSISP dalam pengelolaan sampah dengan memilah dan memilih sampah yang bernilai rupiah.

Baca Juga: Hotel Nunggak Pajak di Pangandaran Ditutup Sementara

"Alhamdulillah program tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan support dari mahasiswa UNPAD. Setelau melalukan obsih di pantai Pangandaran bersama DLHK dan Intansi yabg ada di Pangandaran, kami membuat dan menebar kotak amal sampah pada lima titik di pantai Pangandaran, dari depan hotel Krisna sampai Hotel Suryakencana," kata Rian, Rabu (11/5/2022).

Kotak amal sampah terbuat dari kawat dan besi. Dengan besar masing-masing bisa menampung 1 kg sampah botol plastik.

Rian mengatakan, dengan adanya kotak amal sampah tersebut, pihaknya mengajak masyarakat dan wisatawan untuk peduli terhadap lingkungan dan menghimbau tidak membuang sampah sembarangan, jadi wisatawan bisa membuang sampah daur ulang untuk di amalkan kepada bank sampah sehate Pangandaran, kemudian akan di daur ulang dan dimanfaatkan.

Baca Juga: Polres Pangandaran Akan Tindak Tegas Pemburu Benih Baby Lobster

Sementara sampah hasil dari tangan wisatawan yang masuk ke kotak amal sampah akan dikelola BSISP. Menurut dia saat ini ada 32 bank sampah unit yang tersebar di seluruh Kabupaten Pangandaran.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2,6 Juta Wisatawan Serbu Kabupaten Pangandaran

Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:57 WIB
X