• Kamis, 18 Agustus 2022

2,6 Juta Wisatawan Serbu Kabupaten Pangandaran

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 15:57 WIB
Wisatawan berkerumun di Pantai Barat Pangandaran
Wisatawan berkerumun di Pantai Barat Pangandaran

TINTAPUTIH - Hingga bulan Juni tahun 2022, kunjungan wisata ke Kabupaten Pangandaran sudah mencapai 2,6 juta wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan lonjakan pengunjung terjadi pada libur lebaran tahun ini."Kunjungan saat itu mencapai 600 ribu, disambung libur waisak mencapai 1 juta kunjungan," terangnya baru-baru ini.

Kunjungan paling banyak terjadi di Pantai Pangandaran, yang notabenya merupakan salah satu objek wisata unggulan.

Baca Juga: Seorang Korban Kecelakaan Bus Pariwisata di Tasikmalaya Belum Diketahui Keberadaannya, Suaminya Terus Mencari

Sementara itu target retribusi sektor parowisata di APBD murni 2022 sebesar Rp 31 Miliar, sudah mencapai 60 persen."Sekarang sudah mencapai Rp 18,5 Miliar dari target tersebut," ungkapnya.

Tonton tidak memungkiri bahwa kebocoroan retribusi kerap masih terjadi."Selama masih ada jalan tikus untuk masuk ke objek wisata, masih tetap ada," tuturnya.

Selain itu, kerap ada wisatawan yang masuk tanpa membeli karcis juga kerap terjadi."Biasanya ada yang mengaku orang sini, atau dibawa sama calo nagkunya orang sini," jelasnya.

Baca Juga: Bus Pariwisata Bawa Rombongan Siswa SD Masuk Jurang 10 Meter di Rajapolah Tasikmalaya, 3 Tewas 56 Luka

Sebenarnya, semua orang yang ingin masuk ke objek wisata haruslah membayar karcis. Namun pemkab memberikan kebijakan lain untuk warga Pangandaran.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X