• Senin, 8 Agustus 2022

Capaian Target Retribusi Wisata Pangandaran Terus Naik

- Kamis, 30 Juni 2022 | 22:34 WIB
Pantai Pangandaran. (TINTAPUTIH.)
Pantai Pangandaran. (TINTAPUTIH.)

Pangandaran - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari objek wisata Pangandaran terus naik. Geliat peningkatan kunjungan wisatawan capai target retribusi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, retribusi dari sektor wisata mencapai 60 persen. "Target ini sesuai dengan harapan yang sudah ditetapkan," kata Tonton. Kamis (30/6/2022).

Menurutnya retribusi sektor di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2022 sebesar Rp31 Miliar. Sementara sampai Juni 2022 sudah Rp 18,5 Miliar dari total target.

Baca Juga: Menjelang Idul Adha Jumlah Hewan Ternak Terjangkit PMK di Pangandaran Meningkat

Tonton mengatakan lonjakan wisatawan telah terjadi saat libur lebaran tahun 2022. "Waktu itu kunjuangan mencapai 600 ribu, sedangkan pada libur Waisak mencapai 1 juta kunjungan," ucapnya.

Sampai bulan ini objek wisata Pangandaran totalnya mencapai 2,9 juta sampai Juni 2022. "Saya harap geliat wisatawan terus naik pada liburan akhir pekan ini karena berkaitan dengan libur akhir panjang sekolah," katanya.

Tonton tidak memungkiri bahwa kebocoroan retribusi kerap masih terjadi. "Selama masih ada jalan tikus untuk masuk ke objek wisata, masih tetap ada," tuturnya.

Baca Juga: Siap-Siap Tes P3K Akan Digelar Lagi Tahun Ini

Dibalik keramaian wisatawan Tonton mengaku masih ada kebocoran karcis. "Biasanya ada calo yang mengaku orang sini, kemudian tamu dipaksa untuk tidak membayar. Tentunya sangat merugikan," katanya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X