• Rabu, 30 November 2022

Polemik Penenggelaman Kapal Viking di Pasir Putih Pangandaran yang Merusak Terumbu Karang

- Senin, 11 Juli 2022 | 20:18 WIB
Kapal Viking Lagos di pantai pasir putih Pangandaran. (Instagram @berandapangandaran)
Kapal Viking Lagos di pantai pasir putih Pangandaran. (Instagram @berandapangandaran)

TINTAPUTIH - Sejumlah warga Pangandaran yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup (KMPLH) menginginkan pengangkutan Kapal Viking Lagos yang ditenggelamkan eks Menteri Susi Pudjiastuti di pantai pasit putih Pangandaran disegerakan.

Pendiri KMPLH Pangandaran Hadiat Kelsaba mengaku miris dengan kondisi kapal Viking yang ditenggelamkan ada 2016 yang lalu terkesan ditelantarkan dan menghalangi beberapa aktivitas

Akibatnya menurut Hadiat selaku staff BKSDA Pangandaran menganggap kapal Viking yang ditelantarkan dikawasan perairan Cagar Alam hanya akan merusak dan menguraangi kawasan termasuk terumbu karang yang mengancam ekosistem biota laut.

Baca Juga: Dua Polisi Baku Tembak di Rumah Kadiv Propam, Satu Tewas

"Dulu saya bersama kelompok sudah berapa ratus ribu bahkan miliyar terumbu karang hasil transplantasi terumbu karang sejak tahun 1990am. Tergerus seketika akibat kejadian penenggelaman kapal Viking tersebut," ucap Hadiat.

Terumbu karang yang dirawat di kawasan pasir putih Pangandaran ada 15 jenis terumbu karang yang hidup sebagai apartemen eskosistem biota laut.

Hanya hitungan menit, kata Hadiat, harapan dari kelompok untuk mempertahankan kehidupan terumbu karang pupus saat penenggelaman kapal viking yang menggerus sebagian kawasan terumbu karang.

Baca Juga: Tujuh Jemaah Haji Asal Jawa Barat Wafat di Tanah Suci

"Puluhan tahun merawat dan melestarikan kehidupan biota laut agar tetap terjaga. Bahkan saya sampai nangis, melihat terumbu karang yang sudah tumbuh, udah hancur sama blecing, habis tergesek dan tertutup solar," katanya.

Halaman:

Editor: Gilang Teruna Purwadestian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Pantai Hidden Gem di Kabupaten Pangandaran

Rabu, 23 November 2022 | 13:11 WIB

Terpopuler

X